Minggu, 10 Juni 2012

Lika-liku mendukung perjuangan merah putih di Stadion

Mengaku pendukung sejati timnas Indonesia, belum lengkap rasanya jika belum menonton langsung perjuangan timnas di stadion. Atmosfer yang dirasakan akan sangat berbeda dibanding dengan hanya melihat melalui layar  televisi, anda bisa merasakan semangat dari suporter pendukung timnas, melihat kreativitas dan pernak pernik unik yang dikenakan pendukung timnas serta tentunya menambah semangat nasionalisme dalam diri saat menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kadang merasa khawatir saat mau melihat pertandingan bola ke stadion karena banyak berita di media tentang keberingasan suporter sepakbola saat mendukung teamnya. Namun jangan khawatir, holiganisme hanya di level klub dan jarang terjadi saat suporter mendukung timnas, karena semua suporter dari berbagai golongan bersatu memerahkan stadion. Sepakbola adalah olahraga pemersatu bangsa, masih teringat euforia suporter kala mendukung timnas di piala AFF lalu, puluhan ribu orang berbondong ke stadion dan jutaan orang melihat langsung dari layar kaca. Saat perhelatan event akbar itu aku masih termasuk dalam jutaan orang yang melihat dari layar tivi, ingin rasanya saat itu merasakan atmosfer pertandingan langsung di dalam stadion.
Kesempatan melihat langsung perjuangan timnas di stadion datang pertama kali waktu melihat Indonesia menjamu kesebelasan Palestina di stadion Manahan Solo. Perjalanan 7 jam dari rumah terbayar lunas dengan kemenangan 4-1 team merah putih saat itu. Kesempatan berikutnya datang baru baru ini, saat team inter datang ke Indonesia. Walau sebenarnya aku berlatar belakang milanisti tapi kali ini tidak ingin melewatkan kesempatan langka bisa bertemu langsung dengan pemain bola kelas dunia. Seringkali merasa iri karena klub dunia sering mampir ke negara tetangga kita malaysia dan Thailand tapi jarang sekali datang kesini. Memang harus merogoh kocek lebih dalam karena harga tiket relatif mahal.

Berikut adalah fakta-fakta saat mendukung timnas langsung ke stadion:
1. Antrean panjang pembelian tiket
Ingin menghindari antrean panjang, cobalah membeli secara online, tapi tetap saja harus datang langsung ke loket karena harus menukarkan voucher menjadi tiket. Tapi setidaknya hanya sekali harus mengantri untuk penukaran saja.
suporter kreatif, membawa kursi biar gak capek antri
2. Mexican Wave 
Ingat, anda sudah menjadi bagian dari suporter saat di stadion, jadi kamu harus terlibat langsung membuat mexican wave, jangan hanya diam saja, bisa jadi wave akan berhenti ditempatmu.
3. Hindari Calo
Saat pertandingan melawan Inter, tiket menggunakan teknologi chip yang dibaca dengan alat khusus untuk menghindari pemalsuan. Aku melihat sendiri seorang penonton tidak boleh masuk ke stadion karena tiketnya palsu
4. Jangan sampai salah kostum
Untungnya saat pertandingan inter di GBK kemarin aku tidak memakai atribut milan, saat itu terpaksa seorang suporter harus merelakan baju milannya dicopot suporter inter garis keras.
5. Jangan tinggalkan shalat
Bertanya-tanya kenapa shalat masuk, biasanya pertandingan memang digelar jam 7 malam, tapi biasanya suporter sudah masuk 2 jam sebelumnya, jaga shalatnya yah karena didalam stadion tidak menyediakan mushola.
6. Posisi menentukan kenyamanan
Tiket paling murah untuk suporter biasanya ditempatkan dibelakang gawang, tapi pada posisi itu kamu tidak bisa melihat dengan jelas saat bola berada di ujung gawang lain. Coba merogoh kocek lebih dalam lagi, cari posisi ditengah-tengah, itu adalah posisi paling nyaman untuk menonton bola.

akhirnya tiket udah ditangan





0 komentar:

Posting Komentar