Selasa, 13 Juli 2010

Tutorial membuat HDR (High dynamic Range) fotografi

Beberapa waktu yang lalu aku menemukan artikel tutorial menarik mengenai pembuatan foto dengan teknik HDR. Hasilnya sungguh luar biasa, kesannya seperti memotret sebuah lukisan. Setelah membaca beberapa tutorial di internet, aku mencoba sendiri untuk mendapatkan foto yang cocok. Akhirnya aku pergi ke pelabuhan Gresik karena menurutku kapal-kapal yang bersandar cocok untuk dijadikan objek utama. Untuk masuk ke pelabuhan sendiri sebenarnya merupakan tindakan yang illegal, pada pintu masuk tertera dengan jelas hanya bagi berkepentingan saja yang boleh masuk, he he dasar emang kebelet yang ga bisa ditahan, aku berpura-pura dengan wajah inocent masuk ke dermaga. Yap penjaga berhasil ketipu, mungkin aku dikira petugas lapangan yang biasa keluar masuk pintu masuk. He he step pertama telah berhasil dilalui.



Apa itu HDR? High Dynamic Range…. Bayangkan sebuah objek yang memiliki cahaya yang terang dan bayangan gelap. Sebuah foto tidak dapat menangkap semua bagian objek dengan exposure yang tepat. Dasar teknik HDR adalah memotret beberapa foto dengan objek yang sama namun dengan nilai exposure yang berbeda kemudian menggabungkannya dengan tools seperti photoshop atau tools khusus HDR yang lain sehingga akan dihasilkan foto yang memiliki perbedaan wilayah terang dengan wilayah gelap yang besar. Untuk menghasilkan foto ini setidaknya ada 2 tahap yaitu tahap pengambilan foto itu sendiri dan tahap pengeditan.

Tahap pemotretan

1. Siapkan tripod untuk menghindari goncangan, kita akan mengambil beberapa foto, tentunya agar semua foto sama persis harus menggunakan tripod.
2. Matikan semua fitur exposure otomatis agar kamera tidak menyesuaikan exposure pada setiap shot.
3. Semua kamera SLR telah dilengkapi dengan AEB ( Auto Exposure Bracketing ) yaitu memotret secara kontinu 3 atau beberapa kali dengan eksposure yang berbeda, atur AEB pada kameramu sesuaikan dengan kebutuhan. Pada fotoku menggunakan nilai AEB -2, 0, +2.
4. Pilih continuous shooting, minimal 3 foto yang dibutuhkan.
5. Memilih objek yang tepat, HDR akan dihasilkan dengan baik jika objek fotonya memiliki kontras warna yang kaya, pencahayaan tidak terlalu terang dan juga tidak terlalu gelap. Biasanya objek HDR adalah bangunan dengan langit yang awannya berarak indah, sunset, sunrise, awan mendung, dan variasi lainnya. Umumnya juga objeknya adalah still object (objek tak bergerak). Karena kita tak ingin bukan gambar objek kita jadi tak karuan nantinya dengan objek bergerak. Meski ada juga yang mencobanya dan hasilnya pun luar biasa, namun itu dihasilkan juga atas perhitungan fotografi yang tepat dan butuh latihan. Untuk dasar kali ini cukup objeknya yang tetap saja.

Tahap pengeditan

Pada tahap pengolahan banyak tools yang bisa digunakan, ada photoshop, Dynamic photo HDR. Tutorial kali ini membahas pengolahan dengan Dynamic Photo karena disamping mudah softwarenya juga gratisan dan ukurannya kecil. Bisa didapatkan di

( http://rapidshare.com/files/108877356/PHOTO.HDRI.v3.0.rar )

1. Buka software Dynamic Photo HDR
2. Pilih File > Create New HDR
3. Pilih Add Image, pilih minimal 3 foto yang sama dengan exposure berbeda
4. Atur Exposure pada masing2 foto, kemudian klik OK
5. Kemudian akan muncul Align Files, klik OK
6. Kali ini kita akan memberikan Tone Mapping, pilih Image > Tone Map HDR Image
7. Kali ini saya akan menyerahkan kepada kreativitas pembaca untuk mengolah foto, pada sebelah kiri pilihlah method yang diinginkan dan kemudian atur settingannya. Pada preview ditampilkan hasil pengolahannya, cukup mudah kan. Selamat mencoba semoga bermanfaat.

Hasil saya yang lain masih di pelabuhan,



2 komentar:

  1. Hai McDyess,
    Kami merasa bahwa konten di dalam situs Anda sangatlah menarik dan bermanfaat dan kami berharap bahwa Anda mau mempertimbangkan kesempatan untuk bisa berbagi dengan kalangan pembaca dari media lain, yaitu kepada sejumlah pengguna ponsel dari Mobile Internet tentunya. Disini kami ingin memperkenalkan fitur “Mobilizer” yang kami miliki dimana fitur ini dapat merubah situs web yang mempunyai RSS atau atom feeds menjadi situs mobile tanpa diperlukan programming lebih lanjut. Hanya dengan beberapa langkah saja, Anda dapat me-monetize traffic dan membentuk pengikut baru dari kalangan mobile. Untuk kenyamanan Anda dan sebagai bahan ilustrasi, kami telah membuat situs mobile Anda yang dapat langsung Anda lihat di http://buzzcity.mobi/diazgaleri dan silahkan kunjungi situs kami di www.buzzcity.com untuk info lebih lanjut. Semoga ini bisa menjadi awal kerjasama yang baik diantara kita dan silahkan hubungi kami jika Anda membutuhkan info lebih lanjut.Terima kasih.

    BalasHapus
  2. Mari silakan, dengan senang hati

    BalasHapus