Minggu, 06 Mei 2012

Wisata Adrenalin, Rafting di sungai Palayangan Pangalengan Bandung



 Artikel ini ditulis tepat pada Sunday Sonten setelah rafting seru pada akhir pekan di sungai Palayangan kecamatan Pangalengan Bandung. Rafting di sungai Palayangan merupakan rafting keduaku, sebelumnya pernah mencicipi derasnya arus sungai di Pekalen Probolinggo (baca disini). Sungai Palayangan terletak di 45Km di selatan Bandung tepatnya di daerah Pengalengan yang terkenal sebagai daerah penghasil sayuran, teh dan susu dengan ketinggian 1200dpl. Sepanjang perjalanan anda akan disuguhi dengan pemandangan perkebunan teh yang membentang di sepanjang perbukitan.
Rombongan kami terdiri dari 10 orang, berangkat dari Jakarta dengan bermodalkan nekat dan insting, karena diantara kita tidak ada yang tahu lokasi Pengalengan. Perjalanan dari Jakarta sampai ke lokasi membutuhkan waktu sekitar 5 jam, walaupun masuk di kabupaten Bandung, untuk mencapai daerah Pengalengan masih membutuhkan waktu 2,5 jam dari pusat kota. Cukup banyak cara untuk mencapai lokasi, saat itu kita menggunakan sarana transportasi umum karena planning kita cukup mendadak yaitu 2 hari sebelum keberangkatan. Dari terminal Leuwi Panjang bandung perjalanan dilanjutkan dengan naik angkot nomor 05 menuju perempatan M.Toha, setelah itu cari minibus/ elf menuju Pangalengan. Minibus hanya beroperasi sampai jam 7 malam, jadi jangan sampa melebihi jam tersebut saat kembali dari rafting. Setelah berhenti di terminal, kendaraan dari panitia rafting akan mengantarkan ke lokasi rafting. 
situ cileunca
simulasi di situ Cileunca
Titik start kegiatan arung jeram dimulai dari lokasi wisata Situ Cileunca yang juga menjadi sumber dari sungai Palayangan. Pada kondisi biasa arus mencapai debit 2m3 perdetik sedangkan saat hujan mencapai 4m3 perdetik. Sungai palayangan memiliki grade 4, cukup tinggi memang, dengan jeram pada kesulitan tertinggi mencapai 2m. Tiap peserta wajib mengenakan pakaian standar keamanan yaitu pelampung dan helm, sebelum melakukan pengarungan pemandu memberikan arahan cara berarung jeram serta simulasi di situ Cileunca. Walaupun nyali sempat menciut melihat derasnya sungai tapi jangan khawatir karena banyak team rescue yang akan mendampingi sepanjang sungai.
rafting sungai palayangan
Memasuki Jeram
Setiap jeram memiliki nama, jeram pertama bernama selamat datang, setelah itu apa yah, sulit buat mengingat namanya, tapi ada satu jeram cukup tinggi bernama blender dengan ketinggian 2m. Jeram itu sukses membuat kami buta sesaat karena banyaknya air masuk ke perahu dan sebagian tertelan mulut dan masuk ke telinga. Bersiap-siaplah berteriak keras setiap memasuki jeram, sekaligus untuk menghilangkan penat dan stress. Ingin mendapatkan sensasi lebih, cobalah untuk duduk paling depan untuk berhadapan langsung dengan jeram. Dijamin bakalan minum air lebih banyak dibanding peserta lain. Di sepanjang pengarungan disuguhi dengan pemandangan rindangnya hutan pinus disertai perkebunan teh membentang luas.      

Rute Perjalanan dengan angkutan umum
Jakarta(terserah dari terminal mana saja) - Terminal LeuwiPanjang - angkot merah no 05 sampai perempatan M.Toha - minibus ke terminal Pengalengan - situ Cileunca (biasanya dijemput EO di terminal)

Range kebutuhan Dana :
Transportasi Jakarta Bandung (2x) 100.000
Biaya rafting 150.000
Angkot (2x) 5.000
minibus (2x) Rp 20.000

rafting sungai palayangan
pose dulu sebelum pengarungan

rute perjalanan
kebun teh
rafting sungai palayangan
Siap-siap perahu dibalik pada akhir perjalanan
Situ Cileunca

8 komentar:

  1. Mas, operatornya siapa ya?

    tks
    juned

    BalasHapus
  2. mantap nih, kapan mencicipi jeram di jawa tengah brow?

    BalasHapus
  3. Mas bisa minta tolong isi kuesioner saya untuk tugas? ini link nya, tinggal di klik dan diisi. https://docs.google.com/forms/d/1VCCEDh3jUO7BSC0mFXe97KefJdD-CBIgeXZF2ONLnm4/viewform
    Terimakasih :)

    BalasHapus
  4. salam kenal

    perkenalkan saya brameylianto hari market promotion dari cv.arung jeram serayu, mohon maaf saya mau menawarkan paket arung jeram di serayu.
    Bosan tempat wisata yang biasa-biasa saja atau kurang menantang? Mari rasakan sensasi wisata arung jeram di sungai serayu banjarnegara bersama kami Arung jeram serayu untuk informasi silahkan kunjungi website kami di
    http://arungjeramserayu.com/site

    pin:3135D400
    phone +6285247097777
    telp/fax : (0286) 5833313
    email :info@arungjeramserayu.com

    untuk mendapatkan harga paket arung jeram di sungai serayu silahkan invite pin bb saya atau bisa tinggalkan alamat email di inbook email kami, biar langsung kami kirimkan penawaranya via email.mohon maaf menganggu waktunya.

    jabat erat “dan semoga sungai mempertemukan kita”

    BalasHapus
  5. Salam Kenal..
    Artikelnya sangat menarik
    Apakah anda juga mau rafting yang menarik dan lebih menantang ?! Bergabunglah bersama kami di Rafting Kediri Malang, untuk info lebih lanjut hubungi :
    0341-582032 / 085755059965
    atau blog kami di : http://www.raftingkedirimalang.blogspot.com/

    BalasHapus
  6. Artikel dan foto-fotonya keren gan. btw sungai palayangan memiliki jeram yg sangat menantang

    BalasHapus
  7. Sungai yang memiliki grade 4 ini memang cukup memacu adrenalin saat melakukan kegiatan rafting :) keren gan

    BalasHapus
  8. selain di Palayangan,di Citarik Sukabumi juga cukup menantang gan, cobain deh kesana

    BalasHapus