Senin, 28 Juni 2010

Membuat efek motion dengan teknik panning

Bagaimana menangkap objek bergerak dengan teknik panning? Saya akan mencoba menjelaskan mengenai cara memotret objek bergerak dengan teknik panning



www.68ds.com

Menggunakan efek panning menjadikan obyek yang sebenarnya hanya biasa saja menjadi lebih berkesan. Sebenarnya efek seperti ini dapat kita buat dengan tools seperti photoshop dll, namun alangkah baiknya jika kita lebih mengandalkan kamera yang kita miliki dengan teknik khusus yaitu panning. 'In Photography, panning refers to the horizontal movement or rotation of still or video camera' sumber Wikipedia. Dasar dari teknik panning adalah menggerakkan kamera mengikuti subjek. Jika berhasil maka hasilnya objek yang kita ambil akan diam dan tajam sedangkan background menjadi samar pada arah berlawanan dengan obyek.
Bagaimana cara melakukannya?
1. Gunakan shutter speed yang rendah, tergantung dari cahaya dan kecepatan obyek. Semakin cepat objek maka shutter speed semakin cepat. Berikut rata2 nya: pejalan kaki 1/10, pengendara sepeda 1/20, mobil bergerak 1/ 60.
2. Gunakan auto focus
3. Atur AF mode : AI servo
4. Gunakan mode TV ( time value )
5. Saat objek mendekat tekan shutter dan arahkan kamera ke objek.
6. Lepaskan shutter pada saat objek berada pada posisi yang kamu inginkan.

Berikut adalah hasil yang saya dapatkan dengan teknik Panning



Teknik ini memang agak susah, mungkin kamu tidak akan mendapatkan hasil seperti yang kamu inginkan pada beberapa kesempatan. Saat belajar teknik panning saya juga banyak sekali mengalami kegagalan, kebanyakan disebabkan karena saat melepaskan shutter tidak tepat. Kunci keberhasilannya adalah berlatihlah terus dan jangan menyerah.

6 komentar:

  1. klw pake kamera saku bisa g,,,salam

    BalasHapus
  2. teknik panning membutuhkan kejelian yang cukup!
    - objeck harus di ikuti (WAJIB)
    - naikkan diagfragma sd 20 (siang) tergantung kondisi cahaya.
    - pasang perangkap settingan yg sudah pass.

    BalasHapus