Selasa, 26 Januari 2010

Fotografi dengan kamera Handphone, Why not?

Banyak orang beranggapan bahwa fotografi identik dengan kamera mahal, peralatan mahal serta teknik yang susah dipelajari. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar, banyak para fotografer profesional dengan hanya memanfaatkan kamera pocket biasa dapat menghasilkan foto yang luar biasa. Fotografi merupakan seni dan seni tidaklah diciptakan oleh sebuah alat namun dihasilkan dari hasil imajinasi kita. Dengan menggunakan kamera handphone pun kita dapat menghasilkan fotografi yang istimewa. Peralatan yang bagus tidak mampu untuk membantu kita dalam hal komposisi sebuah foto dan juga tidak mampu kita menentukan exposure tepat sesuai dengan kondisi di lapangan. Beberapa hal tersebutlah yang dapat kita jadikan kekuatan untuk menghasilkan jepretan bagus hanya dengan kamera biasa.

Berikut beberapa tips yang dapat digunakan:
1. Pencahayaan
Beberapa kamera masih belum dilengkapi dengan flash memadai. Hasil pemotretan diluar ruangan tentunya akan menghasilkan foto lebih baik daripada dalam ruangan. Saat kondisi gelap kamera akan kesulitan dalam menangkap cahaya.

2. Resolusi
Pilih resolusi paling tinggi yang dimiliki kameramu karena akan menentukan kualitas foto.

3. Jarak
Seringkali kita dihadapkan pada kondisi objek yang jauh dari posisi kita. Walaupun beberapa kamera telah dilengkapi fasilitas zoom sampai 8x namun janganlah tergiur untuk memanfaatkannya. Lebih baik dekati objek tersebut kemudian jepret objek tersebut sesuai hasil yang diinginkan.

4. Kestabilan
Salah satu kelemahan menggunakan kamera handphone adalah tidak dilengkapi dengan image stabilizer. Oleh karena itu pertahankan posisi kamera saat mengambil beberapa jepretan jangan sampai terjadi goncangan.

5. Belajar komposisi fotografi
Salah satu elemen terpenting dari fotografi adalah komposisi. Tingkatkan kemampuanmu dalam hal ini dengan belajar dari beberapa literatur tentang fotografi karena kualitas kamera handphone tidaklah terlalu bagus jika dibandingkan dengan kamera khusus fotografi. Sehingga kemampuan dalam komposisi mutlak untuk dimiliki.

6. Explorasi fasilitas kamera
Beberapa kamera telah dilengkapi fitur-fitur yang menarik. Diantaranya mode macro, autofocus, sephia, dll. Explorasi kameramu dan gunakan untuk memaksimalkan hasil jepretanmu.

Berikut jepretanku dengan menggunakan kamera Samsung SGH e-590





1 komentar: