Selasa, 05 Januari 2010

4 tips berlatih menganalisa objek fotografi


Salah satu skill yang harus dimiliki seorang fotografer adalah kemampuan untuk mengobservasi sebuah objek. Pengamatan terhadap sebuah objek akan menentukan hasil dari fotografimu. Hal tersebut seakan memberikan sebuah kehidupan terhadap cerita terhadap objek yang kamu ambil. Kemampuan untuk observasi sebuah objek membedakan apakah hasil tersebut merupakan hasil visual saja atau memiliki cerita untuk disampaikan kepada penikmat foto tersebut.

Untuk meningkatkan kemampuan dalam observasi foto membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Namun jika sudah terbiasa dapat membuat hasil karyamu menjadi lebih indah. Berikut beberapa tips yang dapat digunakan

1. Analisa
Tempatkan sebuah objek diam diatas meja didepanmu kemudian amati selama beberapa menit. Catatlah hal apa yang dapat kamu ambil dari pengamatanmu. Jika sebuah apel, catatlah bentuknya apakah bulat ataukah tidak, atau apakah memiliki banyak kerutan? Catat ukurannya apakah besar, sedang, kecil? Amati bentuk teksturnya dan warnanya? apakah terlihat tua ? kenapa? ataukah terlihat seperti baru dipetik? mengapa? Cerita apakah yang ingin kamu sampaikan terhadap audience? dan mengapa?

2. Ambil dari berbagai angle
Ambillah objek lain dan tempatkan di jendela. Ambillah kameramu kemudian jepretlah dari berbagai perspektif dan jarak fokus yang berbeda selama 15 menit. Apa yang ingin kamu komunikasikan? Apa yang membuat perpektif yang berbeda menyebabkan feeling yang berbeda? cobalah menggunakan pencahayaan sebanyak mungkin? Apakah teknik yang telah kamu coba tersebut menyebabkan perbedaan terhadap feeling dan cerita terhadap foto tersebut. Latihan tersebut akan meningkatkan kemampuanmu dan membuatmu berfikir diluar kotak dalam perspektif.

3 Evaluasi kembali tempat kamu mengambil foto
Ketika kamu akan memotret, ambil beberapa menit untuk evaluasi kembali mengenai tempatmu itu. Tanyalah kepada dirimu sendiri dimana tempat yang dapat memberikan feeling dan emosi yang berbeda. Apakah yang menyebabkan hal tersebut? Apakah cahaya yang masuk ke sela sela pohon menimbulkan efek kelembutan. Apakah tempat dari bunga tidak simetris sehingga menimbulkan kesan artistik dan dinamis

4. Masukkan gambar dalam pikiranmu
Buatlah sebuah gambaran dalam pikiranmu sebelum kamu ambil objek tersebut. Tingkatkan ketajaman nalurimu untuk memvisualisasikan sebuah objek.

Amati objek dibawah ini, cerita apa yang dapat kamu ambil



2 komentar:

  1. Wah tipsnya bagus, saya lagi belajar dikit-2 fotografi, sepertinya tipsnya berguna sekali. :)

    http://rowrowstory.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. tips & ticknya sangat membantu....akan saya coba...

    BalasHapus