Kamis, 17 November 2011

Wisata Sejarah di House of Sampoerna Surabaya

Merasa bosan jalan-jalan di mall, bioskop atau wisata modern lain di kota Surabaya. House of Sampoerna layak dijadikan alternatif bagi mereka yang ingin bernostalgia untuk kembali ke masa lampau. HOS dibangun pada tahun 1862 dengan gaya kolonial belanda yang masih mempertahankan keasliannya hingga saat ini, sehingga dijadikan cagar budaya bangunan bersejarah. Pada awalnya bangunan ini dijadikan tempat pertama untuk produksi rokok Sampoerna, hingga pada tahun 2003 dijadikan museum dan terbuka untuk publik. Namun tempat produksi rokok kretek masih tetap dipertahankan hingga saat ini.

HOS terdiri atas sebuah auditorium besar terletak ditengah dan 2 bangunan kecil disebelah kiri-kanannya. Begitu masuk kedalam auditorium anda akan dibawa serasa kembali ke masa lampau. Pencahayaan yang pas disertai dengan lantunan lagu-lagu lama semakin membuat terhanyut kedalam masa lalu. Pada lantai 1 pengunjung disuguhi dengan alat-alat yang digunakan oleh orang masa dulu untuk memproduksi rokok. Banyak foto-foto yang tertempel di dinding menggambarkan kondisi kota surabaya pada waktu itu.
Bagi yang ingin membeli aksesoris, pada lantai 2 dijual kaos, merchandise serta banyak karya seni unik. Selain itu pengunjung bisa melihat proses produksi tangan rokok kretek secara langsung. Sangat menyenangkan melihat tangan-tangan terampil menggulung, memotong serta melakukan packing menjadi sebuah produk rokok. Semua pegawai adalah wanita dikarenakan lebih telaten dan lebih tahan tekanan. Bayangkan saja setiap orang ditarget untuk menyelesaikan tugasnya masing-masing sehingga menghasilkan ratusan rokok dalam tiap 1 jam. Sayangnya dilarang untuk melakukan pemotretan dikarenakan rahasia perusahaan.

Sebagai tambahan, HOS menyediakan wisata keluarga untuk berkeliling kota surabaya mengunjungi bangunan bersejarah dengan bus yang disediakan secara gratis. Waktu tour selama 1-2 jam dimulai pukul 09.00, 13.00 dan 15.00, dengan rute yang berbeda tiap harinya. Disarankan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu, karena bisa jadi bus telah penuh terisi.

Rute Surabaya Heritage Track :
I. Rute pendek (1 - 1,5 jam )
HOS - Tugu Pahlawan - PTPN XI - HOS

II. Rute panjang (1,5-2 jam )
HOS - Tunjungan - Balai Kota/Taman Surya - Gedung Kesenian Jawa Timur - PTPN - HOS

peralatan marching band
mesin cetak kuno
mobil yang pernah digunakan Bung Tomo

7 komentar:

  1. ngiri sama foto original heidelberg nya,belum jago milih angle yg lighting nya yahud nih..

    BalasHapus
  2. wah ...seru nich..
    setiap niat mau kesini selalu "belumberhasil"..
    keren ni bang...
    cukup jago menurutku..
    btw , pean temannya yoga ya (kahima tc'07)?

    BalasHapus
  3. ^iya benar, kug tahu...salam pejuang pena

    BalasHapus
  4. MAS KALO PENGEN IKUT WISATA KELILING SURABAYA NAIK BIS MERAH TU GMANA CARANYA YA??
    N BAYAR ATO TDAK??

    BalasHapus
  5. mending lakukan reservasi dulu melalui telepon http://houseofsampoerna.museum/ , gratis kug

    BalasHapus